Cara Membuat Sabun kertas Sendiri Dirumah

Disini apakah ada yang berniat mencoba membuat sabun kertas sendiri dirumah ?

sekedar iseng iseng atau emang berniat bepergian jauh juga cocok

apa sih sabun kertas itu? sabun kertas adalah kertas yang digunakan sebagai sabun untuk keperluan kreasi atau keperluan wisata jadi mempermudah kalian untuk membawa barang bawaan

Tutorial Cara Membuat Sabun Kertas di Rumah, sabun kertas, diy
Tutorial Cara Membuat Sabun Kertas di Rumah

Cara Membuat Sabun Kertas di Rumah


Bahan Membuat Sabun Kertas

  • sabun mandi / shampo / sabun cuci tangan / cuci piring
  • kertas , bisa kertas apa aja tapi setidaknya yang bersih ya guys
  • pewangi kalo mau tampah mantap sabun kertasnya


Alat Membuat Sabun Kertas

  • Kuas atau sarana meratakan sabun lainnya
  • Gunting untuk menggunting sabun kertas
  • Tempat Menyimpan Sabun Kertas nanti
  • Jemuran untuk menjemur sabun kertas nantinya
  • Jepit Baju untuk menjepit kertas agar tidak jatuh


Langkah-langkah Cara Membuat Sabun Kertas

  1. Letakkan Kertas di alas yang rata agar tidak menyusahkan kalian guys contohnya meja atau papan
  2. tuang secukupnya sabun cair di sebelah kertas yang ingin kalian jadikan sabun kertas
  3. ratakan sabun cair tadi dengan kuas ke kertas yang telah kalian siapkan sebelumnya
  4. setelah itu jemur kertas tadi di tempat jemuran dan jepit sabun kertas tadi menggunakan jebitan baju
  5. setelah sabun kertasnya kering ambil kertasnya dan siap untuk di gunting kecil kecil agar memudahkan kalian menempatkan ke dalam tempat penyimpanan

Cara Menggunakan Sabun Kertas

  1. letakkan kertas ke spons untuk membersihkan cucian piring
  2. siram dengan air ke sabun kertas tadi
  3. remas spons hingga sabun kertas berbusa
  4. sabun kertas siap di gunakan


mungking sekian dulu tutorial tentang cara membuat sabun kertas semoga bermanfaat jika kalian masih kurang paham bisa menonton video di bawah ini

referensi : youtube

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Cara Membuat Sabun kertas Sendiri Dirumah"

M.Farhan said...

Keren gan.. ada ada aja dah. Unik bener sabun Seperti origami

ali.amrina said...

Bisa di coba di dirumah, ilmu baru yang sangat unik. Apalagi bagi anak kos sangat berguna pasti

Rehan Firdaus said...

Wah kertas bisa dibuat sabun juga ya, dikira cuman dibuat nulis hehe, ntar kalo travelling kehabisan sabun ntar make cara mas, makasih mas infonya

Mohammad Syahri Nurrochim said...

Wah kreatif nih tipsnya gan bisa dipraktekkan. Bermanfaat

Aditya Iskandar said...

mana ada origami ngaco aja XD

Aditya Iskandar said...

bisa dibilang untuk jaga jaga kalo lagi gapunya uang buat beli keperluan mandi

Aditya Iskandar said...

ya kalo kehabisan sabun mending sisa sisa sabunnya dijadiin kertas sabun aja

Aditya Iskandar said...

terima kaasih gan